SEJARAH


A. Sejarah Pemadam Kebakaran Indonesia

Cikal bakal Pemadam Kebakaran bermula dari plakat tanda penghargaan masyarakat Betawi terhadap Brandweer Batavia  tertanggal 1 maret 1919, atas jasa membantu memadamkan kebakaran hebat di perkampungan Melayu, tepatnya di pasar Mester (Mester Passer), Jatinegara. Atas dasar plakat tanda penghargaan tersebut, selanjutnya mulai tanggal 1 Maret 1919 di peringati sebagai hari Pemadam Kebakaran Indonesia yang selanjutnya menjadi hari pemadam kebakaran nasional.

Pada tanggal tersebut pula ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Organisasi Pemadam Kebakaran di Jakarta (Batavia) di tandai dengan berdirinya Kantor Brandweer Batavia di daerah Gambir. Pada tanggal 31 Juli 1922, dibuat ketentuan “Bataviasch Brandweer Reglement”, yang kemudian pada masa Pemerintahan Jepang di ubah menjadi ketentuan “Osamu seirei No.II” (pada tanggal 20 April 1943). Selanjutnya, pada tahun 1957 keluarlah perda tentang orientasi  tugas pokok Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) dan instansi tersebut berkembang hingga sekarang.

B. Sejarah Pemadam Kebakaran Kota Ternate

Perjalanan sejarah Pemadam Kebakaran di kota Ternate bermula sejak di bentuknya kota administratif Ternate di resmikan oleh Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) bapak Amir Mahmud  pada tanggal 11 Maret 1982 sejak saat itu mulailah dibentuk Perangkat-prangkat daerah untuk menjalankan roda pemerintah kota administratif Ternate. Ketika itu Pemadam Kebakaran berada di bawah salah satu perangkat daerah yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) hingga tahun 1999 yang tugasnya mengurusi Pemadam Kebakaran di Kota Ternate. Seiring berjalannya waktu, kota administratif ternate berkembang begitu pesat dengan lonjakan penduduk yang begitu tinggi dari tahun ke tahun. 

Berbagai upaya telah dilakukan berbagai pihak untuk  meningkatkan status kota administratif Ternate saat itu hingga pada akhirnya pada tahun 1999 melalui undang-undang Republik  Indonesia  Nomor 11 Tahun 1999, kota administratif  Ternate di tingkatkan statusnya menjadi kota madya Ternate, yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) pada Tanggal 27 April 1999.

Dalam beberapa dekade Pemadam Kebakaran telah beberapa kali mengalami perubahan nomenklatur mulai dari Peraturan daerah no. 16 tahun 2003 tentang Susunan Organisasi dinas-dinas daerah kota Ternate saat itu Pemadam Kebakaran di gabung dengan Dinas Kebersihan dengan nama Dinas Kebersihan dan Pemadam Kebakaran. Kemudian Peraturan daerah nomor 16 Tahun 2007 tentang organisasi lembaga teknis daerah kota Ternate dan tugas pokok dan fungsinya yang diatur dalam Peraturan Walikota Ternate Nomor 23 tahun 2008 berdasarkan Peraturan tersebut maka Pemadam Kebakaran Kota Ternate berdiri sendiri dengan nama Kantor Pemadam Kebakaran Kota Ternate yang mempunyai tugas desentralisasi dalam pemerintah daerah di bidang Pemadam Kebakaran. 

Hingga mendekati akhir tahun 2016 lewat Peraturan Walikota no. 19 tahun 2016 tentang susunan organisasi dan tata kerja dinas daerah kota Ternate, maka Pemadam Kebakaran yang dulunya berstatus kantor naik menjadi Dinas Kebakaran Kota Ternate.

Dari Uraian diatas maka Sejarah singkat Kantor Pemadam Kebakaran adalah sebagai berikut :
Tahun 1982-1999        : Berada dibawa suku Dinas PU
Tahun 2000-2003        : Kantor Pemadam Kebakaran 
Tahun 2004-2007        : Dinas Kebersihan dan Pemadam Kebakaran
Tahun 2008-2015        : Kantor Pemadam Kebakaran. 
Tahun 2016-Sekarang : Dinas Kebakaran Kota Ternate